Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Program Jahat Ditemukan dalam Chip Buatan China

WASHINGTON - Para peneliti dari Cambridge University berhasil mengembangkan teknologi pemindai chip silikon. Ini memungkinkan mereka untuk mendeteksi tanda-tanda elemen jahat dalam komponen yang digunakan banyak industri.

Diwartakan Softpedia, Rabu (30/5/2012), memanfaatkan teknologi tersebut, mereka menemukan keberadaan program jahat backdoor dalam chip yang dibuat sebuah manufaktur China. Padahal, chip itu biasa digunakan oleh militer Amerika Serikat (AS).

"Kami memindai chip silicon dalam waktu singkat dan menemukan sebuah backdoor yang belum pernah diketahui sebelumnya, tertanam dalam chip tersebut," tulis para peneliti itu dalam laporan penelitiannya.

"Backdoor ini memiliki kunci yang telah berhasil kami ekstrak. Bila menggunakan kunci tersebut, Anda bisa menon-aktifkan chip maupun memprogram ulang sesukanya. Bahkan jika pengguna telah mengunci perangkatnya," imbuhnya.

Chip yang mereka analisa adalah Microsemi/Actel ProASIC3. Chip ini digunakan dalam sejumlah bidang, termasuk pembangunan senjata, PLTN dan transportasi, bahkan publik. Mereka percaya bahwa backdoor bisa diubah menjadi "senjata Stuxnet" dan digunakan untuk melawan jutaan sistem. (yhw)

Sumber : kompas.com | Kumpulan Informasi Menarik  | Foto : -
Tags : Teknology, International

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots