Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

ASUS PA248Q, Perpaduan Apik Teknologi Canggih & Fitur

ASUS PA248Q ProArt
Perangkat monitor didesain oleh berbagai vendor hardware dengan menampilkan berbagai keunggulan, salah satunya menawarkan keunggulan dari sisi luas layar. Beberapa vendor memberikan perhatian khusus yang tidak hanya menawarkan monitor dengan ukuran layar yang lapang untuk memanjakan mata penggunanya, tetapi juga fitur, spesifikasi maupun kelengkapan port yang terdapat pada perangkat display tersebut.

Adalah ASUS yang mencoba menyuguhkan lini produk monitor terbarunya, seri ASUS PA248Q ProArt. Monitor tersebut memiliki sejumlah port yang cukup lengkap, seperti empat buah USB 3.0, HDMI, DVI serta DisplayPort. Selain itu, monitor ini juga dirancang dengan beberapa sendi yang membuatnya mampu untuk diputar atau dimiringkan ke berbagai arah.

Mengusung layar 24 inci, bagian tepi pada monitor ini menampilkan layaknya penggaris dengan satuan inci yang terletak di sisi horizontal dan vertikal pada layar. Monitor beresolusi layar 1920 x 1200 (16:10) dengan teknologi IPS LED-backlit panel ini dilengkapi dengan soket earphone, serta mendukung tampilan full high definition (HD), 480p, 576p, 720p, 1080i/p.

Ketika Okezone mencoba menyalakan dari posisi off, monitor dengan berat 6,4 kilogram yang menampilkan teknologi IPS panel dengan Viewing Angle (sudut pandang dari mata menuju layar) hingga 178 derajat ini, hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk proses boot-nya. Keseluruhan body monitor hadir dengan warna hitam elegan, hanya di bagian tepi bawahnya, tepat di bawah logo ASUS, terdapat garis memanjang berwarna merah.

Bila dilihat dari desain maupun kelengkapan fitur beserta port yang terdapat pada monitor ini, ASUS membidik para profesional yang gemar melakukan aktivitas layout gambar serta fotografer. Akan tetapi, layar yang cukup luas dapat dimanfaatkan juga untuk menambah serunya ketika Anda menyaksikan film atau bermain game.

Monitor LCD ini memiliki color reproduction 100% sRGB yang menawarkan kualitas ketajaman warna dengan A+ IPS panel, serta beberapa inovasi ASUS seperti fitur Quickfit, Splendid, navigasi 5-way dan kemampuan sendi yang dirancang untuk dapat menggerakan layar ke berbagai arah.

Layar ASUS PA248Q bisa Anda posisikan menunduk ke bawah atau sebaliknya, dengan sudut kemiringan dari 20 hingga minus 5 derajat. Anda juga bisa memutar ke kiri atau ke kanan dengan batas sendi hingga 60 derajat. Selain itu, ketinggian monitor ini juga bisa Anda posisikan, dengan range hingga 10 sentimeter. Bahkan, monitor ini dirancang dengan sendi putar yang dapat memiringkan layar hingga 90 derajat. Sehingga, layar yang sebelumnya dalam posisi lanskap, menjadi portrait.

Terdapat sejumlah tombol yang tertampil di bagian kanan bawah monitor. Tombol tersebut antara lain, Quickfit (navigasi 5-way), Menu, Pintasan 1 (OSD), Pintasan 2 (OSD), S/A untuk mengatur mode kecerahan layar seperti standar, sRGB, Scenery, Theater, User Mode 1 dan 2. Kemudian di bawah tombol S/A, terdapat tombol yang berfungsi untuk men-switch dari VGA, DVI, HDMI serta DisplayPort. Tombol power berada di urutan paling bawah yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan monitor.

ASUS PA248Q memiliki empat buah USB 3.0 yang memberikan kemampuan transfer data cepat hingga 10 kali lipat ketimbang USB 2.0 standar. Untuk menggunakan port USB 3.0 itu, Anda harus memasang ujung kabel upstream USB yang lebih kecil (jenis B), ke port upstream USB  pada monitor, lalu ujung yang lebih besar (jenis A), ke port USB di komputer.

Monitor ini juga memiliki soket earphone, namun tidak memiliki output speaker secara built-in. Sehingga, diperlukan speaker eksternal (headphone atau speaker set). Untuk menggunakan earphone, hanya bila kabel HDMI atau Displayport tersambung: sambungkan ujung konektor ke soket earphone monitor.

ASUS PA248Q ProArt memiliki fitur Smart Contrast Ratio 80.000.000 : 1 dan kecerahan 300cd/m2, sehingga monitor mampu mengukur backlight untuk mendapatkan kesesuaian darkness hitam dan brightest putih.  Dengan fitur tersebut, monitor mampu menampilkan detail kontras dan ketajaman terbaik. Selain itu, fitur Ultra-Smooth Visuals yang disematkan juga dapat memberikan visual ultra halus dengan respon waktu 6ms (GTG), agar pengalaman ketika menonton film atau bermain game tidak mengalami lag (putus-putus), serta menampilkan detail grafis secara penuh dan warna yang lebih asli.

ASUS PA248Q juga dibekali fitur Customized Color Adjustment, yang memungkinkan kontrol hue dan saturasi dengan pengaturan enam warna, yakni merah, hijau, biru, cyan, magenta dan kuning. Tidak hanya itu, fitur Picture-in-Picture (PIP) and Picture-by-Picture (PBP) yang dimiliki monitor ini memungkinan pengguna untuk melihat gambar dari sinyal yang berbeda. Sementara untuk fitur QuickFit Virtual Scale Function, memungkinkan Anda untuk melihat preview foto atau dokumen pada layar dengan ukuran aktual. Format preview yang mendukung itu antara lain, Dokumen: A4 dan Letter. Foto: 8”x10”, 5”x7”, 4”x6”, 3”x5”, 2”x2”, serta Grid: inci, sentimeter dan alignment.

KESIMPULAN
Monitor dengan ukuran layar lebar selalu menjadi pilihan utama untuk mendapatkan pengalaman penggunaan komputer terbaik. Khususnya pada ASUS PA248Q, monitor ini tidak hanya menampilkan display berukuran 24 inci, tetapi juga dilengkapi dengan teknologi maupun fitur yang ditanamkan di dalamnya. Penggunaan dalam waktu yang lama (menatap ke layar monitor), juga tidak membuat mata Anda cepat lelah, karena dengan ukuran lebar layar yang diusung ini, menampilkan teks maupun gambar dengan ukuran yang bisa dimaksimalkan pula. Selain itu pengaturan tingkat mode kecerahan PA248Q dapat disesuaikan dengan mudah melalui tombol S/A.

Mendukung berbagai pekerjaan dan aktivitas di depan Personal Computer Anda, ASUS PA248Q bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para profesional serta bagi mereka yang gemar bermain game dan menonton film/video. Perihal harga, website Idealo menampilkan banderol untuk perangkat monitor ASUS PA248Q seharga 381,59 poundsterling atau sekira Rp5,4 juta.

Spesifikasi ASUS PA248Q
Panel Size: Wide Screen 24.1"(61.13cm) 16:10
Panel Type : IPS
True Resolution : 1920x1200
Pixel Pitch : 0.270mm
Brightness(Max) : 300 cd/m2
ASUS Smart Contrast Ratio (ASCR) : 80000000:1
Viewing Angle : 178°(H)/178°(V)
Display Colors : 16.7M

sumber : techno.okezone.com / Kumpulan Informasi Menarik / Foto : ASUS PA248Q ProArt
Tags : Dunia Otomotif

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots