Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Jokowi Berpeluang Menangkan Pilgub Putaran II

JAKARTA - Hasil polling MNC Media Research menunjukkan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahja Purnama (Jokowi-Ahok) berpeluang memenangkan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua.

Berdasarkan hasil polling yang dilakukan 10 hari sejak pilgub putaran pertama usai, ternyata tingkat elektabilitas pasangan Jokowi-Ahok meningkat 6,5 persen dibanding hasil rekapitulasi suara KPU DKI Jakarta, yaitu dari 42,6 persen menjadi 49,07 persen. Demikian seperti rilis yang diterima Okezone dari MNC Media Research, Kamis (26/7/2012).

Sementara itu, perolehan suara pasangan incumbent, Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara), yang dalam penghitungan akhir KPU DKI Jakarta meraih 34,05 persen suara, turun menjadi 20,83 persen.

Masih berdasarkan hasil polling, peningkatan elektabilitas Jokowi-Ahok ketimbang Foke-Nara tak lepas dari limpahan suara pendukung empat cagub lain yang tidak masuk putaran kedua.

Responden yang mengaku sebelumnya mendukung Hendardji Supandi, memberi dukungan suaranya kepada pasangan Jokowi-Ahok, ditambah 43 persen suara responden pendukung Faisal Basri-Reza Patria.

Sementara itu, 73 persen responden yang sebelumnya mendukung Hidayat Nurwahid-Didik J Rachbini memercayakan suara mereka ke pasangan Jokowi-Ahok. Responden yang sebelumnya mencoblos pasangan Alex Noerdin-Nano Sampono, 67 persen di antaranya, mengalihkan suaranya pada Jokowi-Ahok.

Polling dilakukan pada Sabtu, 21 Juli 2012 melibatkan 400 responden berusia 17 tahun ke atas yang dipilih secara acak sistematis melalui buku telepon residensial terbaru terbitan April 2012.

Responden berdomisili di lima daerah Jakarta. Jumlah responden di setiap daerah ditentukan secara proporsional. Tingkat kepercayaan 95 persen dengan ambang kesalahan plus-minus 4,9 persen.

Responden yang berpartisipasi merupakan masyarakat kelas menengah. Sebanyak 56 persen di antaranya berpenghasilan lebih dari Rp2 juta per bulan. Responden pegawai perusahaan swasta, wiraswasta, dan pengusaha (40%). Mayoritas responden juga sudah menamatkan pendidikan minimal SMA (80%).

Hasil polling lebih merupakan cerminan preferensi politik kelas menengah Jakarta. Hasil polling tidak dimaksudkan untuk merepresentasi pendapat seluruh warga Jakarta.

Sumber : okezone.com | Kumpulan Informasi Menarik | Foto : Jokowi Ahok
Tags : Politik, Ekonomi

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots