Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Manfaat Baca Buku untuk Kesehatan

Dengan membaca buku juga mampu mengurangi tingkat stres.

Pekerjaan padat dan juga semakin canggihnya alat-alat gadget, membuat orang-orang mulai jarang melirik membaca buku. Sekarang ini, banyak orang yang lebih senang mengutak-atik gadget mereka, daripada membaca buku. Padahal, membaca buku tak hanya bisa memperluas wawasan dan pengetahun kita. Membaca buku juga bermanfaat untuk kesehatan.

Hal itu diungkapkan para ilmuwan dari Oxford University. Mereka berpendapat membaca buku tidak hanya untuk kecerdasan, namun juga baik secara fisik dan psikologi. Menurut Profesor John Stein, membaca tak hanya mengikuti plot pasif, tapi juga menghadirkan imajinasi. "Kita merasa empati dengan karakter sehingga kita melalui semua pasang surut dengan mereka," kata Stein seperti dikutip dari GeniusBeauty.

Selain itu, jika seseorang membaca buku tentang penciuman, rasa, atau gambar pemandangan, akan membuat bagian otak yang bertanggungjawab untuk persepsi akan mulai bekerja, seolah-olah itu terjadi dalam realitas.

Disamping itu, manfaat lainnya adalah, enam menit membaca juga bisa mengurangi tingkat stres sekitar dua pertiga. Tak cuma itu, membaca mampu membantu mengatasi stres lebih baik dibanding berjalan di alam atau mendengarkan musik.

Dan dengan membaca buku juga akan bermanfaat dalam hal disiplin mental, seperti kemudahan perencanaan jangka panjang dan pengelolaan percakapan panjang tentang topik yang sama. Dengan begitu, alangkah pentingnya untuk menanamkan kecintaan membaca buku sejak kecil.


Sumber : life.viva.co.id | Kumpulan Informasi Menarik | Foto : ilustrasi
Tags : Kesehatan

1 comments:

{ Unknown } at: April 12, 2016 at 8:25 PM said...

Selain itu juga menambah banyak pengetahuan.. hhi
Ciri Leukimia Kanker Darah Stadium Awal

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots