Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Membuat Halaman Posting Menjadi 2 Kolom



Membuat Halaman Posting Menjadi 2 Kolom, adalah trik membagi lebar halaman posting default blogger menjadi 2 bagian (kolom), yaitu halaman posting sebelah kiri dan halaman posting sebelah kanan. Kadang rancu dengan istilah membagi isi postingan menjadi 2 bagian.



Kustomisasi halaman posting ini tentu saja bermanfaat untuk memanfaatkan ruang blog yang terbatas menjadi maksimal, karena lebar halaman posting yang defaultnya 1 buah kini bisa menjadi 2 buah, tentu saja dengan konsekuensi tampilan lebar halaman posting di home page menjadi kecil karena ruangnya dibagi menjadi 2 kolom,akan tetapi hal ini tidak berlaku pada halamam page atau pada saat menampilkan url artikel anda, maka halaman posting akan kembali default dengan lebar yang normal.
tampilan 2 kolom posting
Jika anda tertarik dan penasaran ingin mencobanya, silahkan baca kelanjutan artikel ini.


1. Setelah anda login, silahkan backup template anda siapa tahu nanti script blog anda malah berantakan kesana kemari...hayoo siapa yang rugi? jangan salahkan saya yah :)


2. Kemudian taruhlah kode berwarna hijau di bawah ini setelah kode ]]></b:skin>


<b:if cond='data:blog.pageType != &quot;item&quot;'>
<style>
.post {
width:285px;
height:400px;
margin-right:5px;
overflow:hidden;
float:right;
border:3px double #808080;
}
</style>
</b:if>


3. Lanjut dengan mencari css .post{ ( masing-masing template kadang berbeda,coba 1 spasi didepan kode dot sehingga menjadi . post{ ) Kode lengkap yang perlu anda cari adalah :


.post{
background:#fff;
border:3px double #a5a5a5;;
-webkit-border-radius: 5px;
-moz-border-radius: 5px;
border-radius: 5px;
margin:0.5em 0.5em;
padding:0.5em;
font-family:"Verdana";
text-align:justify}


4. Jika anda sudah temukan kode tersebut perhatikan perhatikan margin:0.5em 0.5em; kamu tinggal menyisipkan auto pada margin tersebut, sehingga menjadiseperti ini :


.post{
background:#fff; 
border:3px double #a5a5a5;;
-webkit-border-radius: 5px;
-moz-border-radius: 5px;
border-radius: 5px;
margin:0.5em auto 0.5em;
padding:0.5em; 
font-family:"Verdana"; 
text-align:justify}


5. Jika sudah selesai, silahkan di preview dulu, jika tidak terjadi masalah & acceptable, jangan ragu-ragu silahkan save template.


6. Silahkan lihat hasilnya, untuk ketinggian, lebar dan garis tepi kolom posting silahkan edit nilai width, height dan bordernya.


7. Terimakasih, please try without error :)


Cara Membuat halaman posting menjadi 2 kolom ini baru saja saya terapkan di blog ini dan hasilnya sukses 100%, dengan sedikit utak-atik tentunya..


sumber

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots