Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Cara membuat Penjumlahan Angka Psikotes Pauli Test dan Kreaplin Test di Ms.Word

Emil Kraepelin seorang psikiater akhir abad 19 menciptakan alat tes kraepelin yang digunakan sebagai alat bantu untuk mendiagnosa gangguan otak yaitu alzheimer dan dementia. 

Tes ini sangat sederhana, siapapun yang bisa menghitung dapat mengikuti tes ini. Pada periode tidak lama selanjutnya pada tahun 1938 Prof. Dr. Richard Pauli bersama Dr. Wilhelm Arnold serta Prof. Dr. Vanmethod memperbaharui tes Kraeplin tadi sehingga dapat meningkatkan suatu “check method” yang sangat menguntungkan dan dapat dipercaya. 

Metode ini disempurnakan sedemikian rupa oleh Prof. Dr. Pauli sehingga memungkinkan untuk mendapatkan data tentang kepribadian. Richard Pauli membuat tes Kraeplin tersebut sebagai tes yang distandarisasikan, dan setelah Pauli meninggal pada tahun 1951, tes yang di standarisasikan tersebut dinamakan tes Pauli.

Berdasar atas cara yang diajukan oleh Pauli, tes ini juga mempunnyai corak eksperimental. Pauli juga menghubungkan metode eksperimental tersebut dengan karakterologi modern, sehingga tes Pauli dapat dibandingkan dengan tes kepribadian, seperti gambar dibawah ini :


Kegunaan Tes Pauli
Tujuan dari tes ini adalah mengumpulkan berbagai data berupa :
  • Daya tahan atau keuletan
  • Kemauan atau kehendak individu
  • Emosionalitas
  • Daya tahan untuk menyesuaikan diri
  • Stabilitas
Berikut cara membuat Penjumlahan Angka Psikotes Pauli Test dan Kreaplin Test di Ms.Word :

1. Langkah pertama, buka ms.office word dulu pastinya.


2. Langkah kedua, tekan tombol pada keyboard kamu ALT+F11, nanti akan muncul window baru microsoft visual basic seperti gambar dibawah.


3. Langkah ketiga, pada window yang baru (Ms. Visual basic) cari insert>module



4. Langkah keempat, masukan (copy paste) code script yang berwarna Biru dibawah ini pada kolom module yang sudah dibuat seperti tampak pada gambar dibawahnya :

Sub PsikoNumGenerator()
Randomize Timer
theEnd = InputBox("Jumlah angka yang akan dibuat", "Jumlah Angka")
If Not IsNumeric(theEnd) Then Exit Sub
If Int(theEnd) = 0 Then Exit Sub
For i = 1 To theEnd
theText = theText & vbTab & Int(Rnd(i) * 10)
Next
Selection.TypeText Text:=theText
End Sub


5. Langkah kelima, selesai memasukan code script diatas, silahkan kembali ke ms.word, lalu tekan tombol > ALT+F8 pada keyboard, nanti akan muncul seperti gambar dibawah ini :



6. Langkah keenam, silahkan klik run > akan muncul gambar seperti dibawah ini, lalu masukan angka yang ingin dibuat misal 2000 angka atau 5000 angka.



Meskipun angka yang muncul tidak begitu sama kemungkinannya, tetapi lumayan untuk melatih ketenangan dan membiasakan dengan tes ini. selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Kalau masih menemui kesulitan, silahkan langsung ke generatornya Klik Disini 

Sumber:
http://psikometrika.com/tes-pauli
http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=99795
Tags : Seputar Pendidikan, Dunia Ilmu

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots