Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Hindari Stres, Jangan Lupa Makan Siang

Lelah dan stres mendera setelah berkutat dengan bertumpuk pekerjaan? Inilah 12 langkah menurunkan stres, meningkatkan kebugaran dan menyehatkan Anda.

Berikut seperti dilansir dari iVillage.com:

1. Istirahat
Sebuah survei yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa dua pertiga dari pekerja AS mengalami stres dalam satu tahun terakhir ini. 30 persennya mengatakan, stres kerap dialami setidaknya selama lima hari kerja, sepanjang tahun 2011.

Jangan pernah abaikan stres yang mendera. Anda perlu strategi untuk menurunkan tingkat stres tersebut. Cobalah dengan istirahat pendek selama beberapa menit. Anggap saja ini merupakan bonus sebelum menyelesaikan pekerjaan berikutnya. Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dan produktif.

2. Belajar ketrampilan baru
"No pain, no gain", tak ada yang bisa diperoleh dengan cuma-cuma, semuanya butuh proses. Seperti juga Anda yang dituntut terus belajar, meski semua orang sudah mengakui Anda sudah pintar dan cekatan.

Menurut sebuah studi yang dibukukan dalam Journal of Happiness Studies, terus belajar mengasah ketrampilan baru terkadang bisa memancing stres, namun efeknya memberikan kepuasan jangka panjang.

Faktanya, kemunduran dan frustasi sering menyebabkan kita menyerah pada tujuan kita. Namun, jika Anda mau melakukan perubahan, dan menyemangati diri untuk terus maju, meski impian itu terasa tidak mungkin, maka Anda telah berhasil melawan rasa malas itu dan bersiaplah mencapai kepuasan hidup yang lebih besar.

3. Naik tangga
Sesekali naiklah tangga, meski Anda bisa lebih cepat sampai di ruangan Anda di lantai atas dengan menggunakan lift. Naik tangga akan membuat tubuh lebih bugar, pun membantu mengencangkan otot panggul. Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2010 menemukan, pekerja yang rajin naik turun tangga jauh lebih bugar. Membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, selain mengontrol berat badan, tekanan darah dan kadar kolesterol.

4. Tidur siang
Meletakkan kepala sejenak di atas meja kerja lalu tertidur untuk beberapa menit, bukan berarti Anda malas. Sebuah penelitian menunjukkan, terlalu lelah di jam produktif justru menurunkan performa kerja. Saat energi mulai terkuras, saatnya Anda me-recharge energi selama kurang lebih 15-20 menit untukt tidur siang. Hal ini dapat membantu meningkatkan ketrampilan berpikir kritis dan meremajakan Anda.

5. Menjaring teman
Memperluas pertemanan bisa menambah usia hidup. Menurut sebuah studi dalam jurnal Health Psychology, bekerja bersama orang-orang ramah di lingkungan kerja dapat membantu menurunkan risiko yang lebih kecil dari semua penyebab kematian daripada bekerja dengan orang yang tidak mendukung Anda. Penelitian lain menunjukkan bahwa memiliki jaringan pertemanan yang kuat dapat membantu Anda tetap sehat dan muda.

Cobalah untuk mengambil beberapa menit dari waktu istirahat Anda untuk menjalin ikatan dengan teman-teman kantor. Cara ini dijamin membantu Anda menghilangkan stres, pun baik untuk kesehatan jiwa Anda.

6. Tinggalkan pekerjaan
Menurut survei waktu kerja yang dilakukan di tahun 2010 di AS menunjukkan, kehidupan pekerja wanita di tahun 2009 mengalami peningkatan, terutama menjelang akhir pekan. Sementara survei oleh University of Rochester menunjukkan bahwa bekerja jelang akhir pekan memengaruhi kesehatan.

Pada hari Jumat hingga Minggu sore, peserta yang disurvei berada pada suasana hati yang lebih baik. Mereka menunjukkan vitalitas yang lebih besar dan memiliki lebih sedikit sakit dan nyeri. Mungkin karena efek positif yang disebut sebagai "Efek akhir pekan"

Penelitian ini menjelaskan bahwa Anda perlu membebaskan diri untuk memilih bekerja pada hari yang Anda merasa lebih produktif. Namun, para peneliti menyarankan, hindari bekerja di akhir pekan. Luangkan sejenak waktu untuk teman dan orang yang Anda cintai. Melakukan hobi dan kesenangan, sebuah cara terbaik untuk bersantai.

7. Berdiri
Pinggang Anda pegal-pegal karena terlalu lama duduk? Berdirilah. Gerakkan tubuh untuk membuat Anda kembali bugar. Para peneliti telah menemukan bahwa kegiatan ringan berdiri lalu berjalan mengambil minum di pantry, jika terus menerus dilakukan akan memiliki efek kumulatif pada kebugaran kardiovaskular seseorang.

Coba juga melakukan kegiatan naik turun tangga, atau berjalan cepat di sekitar kantor. Lakukan hal ini setiap hari, dan stres Anda pun segera lenyap.

8. Go Green
Tanaman adalah salah satu cara mengusir stres. Belilah tanaman untuk menghias meja Anda. Segar dan hijaunya tanaman di dalam pot mengurangi lelah dan ketidaknyamanan, selain meningkatkan kinerja dan suasana hati. Berinteraksi dengan alam merupakan salah satu cara mendapatkan semangat dan menenangkan saraf Anda. Sebuah penelitian di Norwegia menemukan 20-30 persen pekerja yang memiliki tanaman sebagai pajangan di meja kerjanya terhindar dari gejala fisik, termasuk kelelahan, batuk dan tenggorokan kering.

9. Bersyukur
Kunci kebahagiaan di tempat kerja adalah, mengingat apa yang Anda sukai tentang pekerjaan Anda. Terapkan hal tersebut maka Anda akan lebih pandai bersyukur. Meski terkadang tidak mudah, namun renungkan manfaat atas apa yang telah Anda capai, sehingga membuat Anda lebih menghargai kesibukan yang dijalani.

Mengekspresikan rasa syukur membantu Anda mengatasi stres dan tetap berpikir positif. Namun, bukan berarti Anda mengabaikan masalah. Gunakan waktu Anda untuk bertukar pikiran dengan teman untuk mencari solusi.

10. Jangan lupa makan siang
Anda harus menyelesaikan bertumpuk dokumen yang harus siap di meja bos sore ini, namun bukan berarti harus melewatkan makan siang, kan?. Ambillah hak Anda untuk istirahat sejenak, mengisi perut. Anda masih butuh energi untuk meningkatkan produktivitas, disamping menurunkan stres karena perut kosong.

Menurut American Psychological Association, stres kerja kronis dapat menyebabkan peradangan yang mengarah pada penyakit jantung. Sebaliknya, ambil langkah mundur dari pekerjaan Anda. Hirup udara segar di luar ruangan atau menelepon teman. Ingatkan diri, bahwa Anda tidak selalu dapat mengontrol berapa banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

11. Tertawa
Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa berada dalam suasana hati yang baik meningkatkan kreativitas. Dan, melakukan hal-hal menyenangkan di tempat kerja yang membuat Anda tertawa bahagia bisa mambantu mengurangi stres. Menonton video lucu, misalnya.

12. Berselancar di dunia maya
Para peneliti dari unversitas Melbourne berteori, otak dapat bekerja lebih efektif setelah memiliki kesempatan untuk istirahat dari berkonsentrasi. Jika bos menangkap Anda tengah menonton video di YouTube, bilang saja padanya bahwa Anda melakukannya untuk kebaikan perusahaan.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com| Kumpulan Informasi Menarik | Foto : ilustrasi

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots