Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Tips Jogging Dan Cara Bernapas yang Benar

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan kapan pun dan di manapun. Namun pada kenyataanya, olahraga ini tidak semudah yang Anda kira.

Selain memperhatikan sepatu yang dikenakan, Anda pun harus bernapas dengan benar. Berikut ini tips jogging yang bisa Anda ikuti:
  • Lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum melakukan jogging, berguna untuk membantu pengaturan pernapasan Anda. Bernapaslah dalam-dalam melalui diafragma, karena paru-paru Anda akan memperluas tekanan udara yang masuk sehingga akan menyebabkan perut kembung. Dengan megambil banyak oksigen dapat mencegah pusing dan mual.

  • Ikuti ketukan langkah Anda, ambil nafas sesuai dengan langkah lari dan buang nafas dengan jumlah yang sama. Cobalah untuk mencocokan langkah dengan pernapasan Anda, memang sedikit sulit namun lakukan secara perlahan terlebih dahulu.

  • Bernapaslah melalui hidung saat temperatur udara dingin. Jika Anda bernapas melalui mulut pada cuaca dingin, akan meningkatkan kekeringan dalam tubuh. Paru-paru kita tidak menyukai udara yang dingin, Anda bisa saja terserang penyakit asma, batuk atau gangguan pernapasan lainnya. Bernapas melalui hidung selain dapat menyaring kotoran udara, juga dapat menghangatkan udara dingin ke dalam tubuh.

  • Bernapas melalui hidung saat suhu dingin memang terasa sangat sulit, namun jika Anda memaksakan diri untuk memilih bernapas melalui mulut gunakan masker atau syal yang dapat menutup hidung dan mulut.
   Dengan melakukan pernapasan yang baik saat jogging tentu akan memberikan manfaat yang lebih untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga tips jogging ini dapat membantu Anda agar menjalankan aktifitas olahraga dengan baik.


Sumber : melindahospital.com | Kumpulan Informasi Menarik  | Foto : Jogging
Tags : Rubrik Kesehatan, Tips Jogging

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots