Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Waspadai Info Soal Kesehatan Anak di Internet

Internet memang memudahkan semuanya menjadi lebih instan. Apa pun yang dicari pasti akan keluar dengan otomatis, termasuk soal kesehatan anak. Tak heran jika banyak orang tua yang mengandalkan internet untuk mencari informasi soal kesehatan anak.

Tapi, sebaiknya Anda berhati-hati terhadap kebiasaan praktis satu ini. Menurut penelitian, nyaris separuh dari informasi tentang kesehatan bayi yang beredar di internet ternyata salah.

Peringatan ini diumumkan setelah para ahli meneliti 100 laman, dengan 13 istilah pencarian paling populer di internet, yaitu soal keselamatan anak saat tidur. Hasil penelitian ini kemudian dibandingkan dengan 1.300 situs rekomendasi American Academy of Pediatrics, yang berisi tentang bagaimana mengurangi kematian bayi mendadak atau penyebab lain terkait SIDS atau Sudden Infant Death Syndrome.

Para peneliti menggunakan beberapa kata kunci dalam mencari informasi tentang tips merawat kesehatan bayi, seperti "bayi rokok", "posisi tidur bayi", dan "empeng bayi".

Melansir dari Daily Mail, hanya 43,5 persen dari situs-situs penyedia saran tentang kesehatan anak yang didapat dari via mesin pencari Google yang menawarkan informasi akurat, dari hasil studi.

Ketika situs-situs yang tidak relevan dikesampingkan, hasilnya menunjukkan, 39,2 persen situs-situs tentang kesehatan bayi dan anak itu menawarkan informasi yang tidak akurat.

Pimpinan riset, Dr. Rachel Moon dari Children's National Medical Center di Washington, mengatakan penelitian ini penting agar para penyedia layanan kesehatan mengolah informasinya lebih akurat. Apalagi, banyak pembaca yang kemudian bertindak berdasarkan saran sumber tersebut terlepas apakah saran tersebut dapat dipercaya atau tidak.

Para peneliti mengatakan, di AS, situs-situs pemerintahan umumnya memberikan saran paling akurat, sekitar 80,1 persen sarannya akurat. Saran tentang kesehatan anak yang paling tidak bisa diandalkan berasal dari blog, hanya 30,9 persen saran dari blog yang akurat.

Para peneliti tidak melarang para orang tua mencari informasi dari berbagai sumber. Namun, mereka menyarankan agar temuan tersebut dicek ulang. Sebagai saran, para ahli merujuk situs dengan domain .org atau .gov sebagai situs dengan informasi terpercaya.

Meski instan, namun sebiknya Anda berhati-hati terhadap urusan kesehatan anak. Salah baca informasi, akan fatal akibatnya.

Sumber : vivalife / Kumpulan Informasi Menarik / Foto : ilustrasi
Tags : Dunia Anak,  Waspadai Info Soal Kesehatan Anak di Internet

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots