Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Agar Anak Nyaman Belajar Menulis

shutterstock 
Belajar menulis bisa menjadi aktivitas menyenangkan bagi si kecil, jika orangtua memberikan dukungan yang tepat. Agar si prasekolah senang dan nyaman belajar menulis, ada beberapa hal yang patut di perhatikan oleh orang tua:

* Gunakan alat tulis berbentuk segitiga

Ada pensil dengan bentuk seperti segitiga (tidak bulat) dengan "garis tengah" agak besar dan tidak licin. Pensil jenis ini mudah di pegang oleh anak. Setelah kemahiran bertambah, dapat ditingkatkan ke pensil bentuk lebih kecil.

* Tidak memaksa anak
Pemaksaan membuat anak tertekan dan takut. Selalu lakukan stimulasi dengan cara-cara menyenangkan dan nyaman buat anak. Sungguh bijak jika stimulasi sekaligus dijadikan ajang bermain, penuh dengan nyanyian, canda dan tawa. Stimulasi yang menyenangkan akan membuat anak mudah menyerap apa yang diajarkan padanya. Bila anak mengeluh capek atau bosan, hentikan saja dan cari aktivitas lain.

* Hindari memberi target
Biarkan anak menuliskan apa yang ingin ditulisnya, orangtua hanya membimbing agar anak dapat menulis dengan baik. Ingat, pemberian target hanya akan membuat anak tertekan dan enggan menjalani stimulasi.


Sumber : kompas.com | Kumpulan Informasi Menarik | Foto : Anak Belajar
Tags : Dunia Anak, Tips Anak Nyaman Belajar

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots