Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Jokowi: Skype itu Jalan-Jalan di Dunia Maya

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarno Putri bersama Calon Gubernur Jakarta Joko Widodo. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo
Jakarta: Kesibukan sebagai wali kota Surakarta membuat calon gubernur DKI Jakarta Joko Widodo hanya bisa menyambangi ibu kota pada akhir pekan. Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, Jokowi menyiasati masalah ini dengan menggunakan teknologi Skype agar bisa tetap berdialog dengan warga.
"Skype itu kan hanya saya jalan-jalan di dunia maya, ya kayak gini-gini (sedang berjalan di kampung mengunjungi warga). Yang penting jalan ke kampung-kampung tidak harus lewat jalan darat. Di dunia maya pun saya lakukan," kata Jokowi saat menyambangi warga Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan, Ahad, 9 September 2012.

Pasangan Basuki Tjahaja Purnama ini pun mengelak jika program Skype yang ia selenggarakan merupakan bentuk kampanye terselubung. Menurut ia, dialog bersama warga melalui Skype sama sekali tidak menyinggung masalah kampanye.

"Kampanye kan menyampaikan visi misi, mengajak mencoblos. Kita tidak pernah ada kayak gitu. Sama saja kayak gini tapi kan di dunia maya," katanya.

Ia memberi contoh percakapan yang ia lakukan bersama warga. Dialog hanya berkisar pada pembicaraan mengenai kehidupan warga sehari-hari seperti jumlah penghasilan, keluhan terhadap masalah di Jakarta.

Menurut Jokowi, sosialisasi mengenai dia dan Basuki, baik melalui Skype maupun peredaran video YouTube seperti Editorial: Mengapa Harus Memilih Jokowi-Basuki merupakan bentuk perkembangan teknologi. "Dunia IT itu dunia kecerdasan menurut saya, dunia kreatif," katanya.

Yang terpenting, Jokowi melanjutkan, ia tidak pernah mengajak warga untuk memilih dirinya di luar masa kampanye. "Kalau saya nggak pernah ngajak kok. Saya nggak pernah ngajak, kalau orang lain, saya nggak ngerti," katanya.

Jokowi telah berSkype bersama warga Jakarta dalam sebulan terakhir. Tercatat sudah enam kali Jokowi menyelenggarakan acara Skype. Durasi dialog jarak jauh antara Jokowi dan pendukungnya ini berlangsung sekitar 40 menit. Warga Kebon Jeruk dan Menteng Trenggulun adalah warga yang pernah berdialog jarak jauh dengan Jokowi.


Sumber : tempo.co / Kumpulan Informasi Menarik / Foto : Megawati-Jokowi
Tags : Pemerintahan, Politik, Tokoh

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots