Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Mitos Keliru: Tumbuh Gigi Penyebab Demam, Diare dan Pipi Merah

Sering dijumpai saat anak mengalami demam, diare dan pipi merah orangtua selalu menanyakan ke dokter: "Dok, tolong diperiksa apakah anak saya tumbuh gigi ?" Selain itu, banyak orangtua selalu mengaitkan berbagai tanda dan gejala tersebut dengan kemungkinan bayinya sedang tumbuh gigi. 

Tumbuh gigi adalah saat gigi bayi tumbuh dan mulai menembus gusinya. Seiring tumbuhnya akar giginya, ujung gigi terdorong melewati gusi . Beberapa orang juga menyebutnya "cutting teeth" atau "teething".Biasanya tumbuh gigi ini diiringi rasa tidak nyaman pada bayi.

Jangan heran bila bayi menjadi rewel. Ternyata tumbuh gigi dapat menyebabkan demam, diare, atau ruam kemerahan di kulit hanya sekedar mitos, dan belum pernah terbukti dalam penelitian. Namun banyak orangtua, nenek atau bahkan sebagian dokter yang masih meyakini mitos salah tersebut.

Bukan hanya nenek atau orang tua, ternyata sebagian dokter atau profesional medis masih percaya beberapa gejala yang sebenarnya tak terkait dengan tumbuh gigi. Keyakinan yang salah orang tua terkait dengan tumbuh gigi dapat mengganggu diagnosis yang tepat dan pengelolaan berbagai penyakit serius.

Diperlukan penelitian lebih jauh untuk memahami fakta dan keyakinan yang salah dikaitkan pertumbuhan gigi. Dokter dan profesional medis perlu dididik tentang tumbuh gigi untuk memberi penjelasan yang masuk akal untuk pengasuh yang bersangkutan.

Tumbuh gigi mengacu pada proses gigi baru naik atau tumbuh melalui gusi. Tumbuh gigi pada bayi dapat mulai semuda usia 2 bulan, meskipun gigi pertama biasanya tidak muncul sampai sekitar usia 6 bulan.



0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots