Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Apple, Layar Sentuh dan Perang Paten

Apple melengkapi paten terkait teknologi layar sentuh. Kenapa?

Apple kembali mendaftarkan paten terkait teknologi layar sentuh. Adapun paten yang baru berhasil didapatkan Apple kali ini merupakan paten tentang tampilan antar-muka (interface) untuk menampilkan dokumen, list, pesan teks, email, dan hal lain yang secara umum digunakan di layar smartphone.

Paten itu didaftarkan Apple di wilayah hukum Amerika Serikat dengan nomor paten US 8.223.134 (di berita sebelumnya ditulis 8.223.141, red). Daftar paten itu didaftarkan Apple melingkupi "Portable Electronic Device, Method, and Graphical User Interface for Displaying Electronic Lists and Documents".

Dalam daftar itu, Apple juga menulis Senior Vice President of iOS Software Scott Forstall sebagai salah satu inovator dari produk yang dipatenkan. Forstall merupakan orang kepercayaan pendiri Apple Steve Jobs saat mendirikan perusahaan komputer NeXT. The Verge menyebut secara umum paten itu melingkupi teknologi yang digunakan perangkat portabel dengan teknologi layar sentuh. Sedangkan secara spesifik, paten itu terkait metode scrolling di dokumen dan list. 

Di perangkat iOS milik Apple, scrolling di dokumen atau list akan memicu kemunculan sebuah bar di sisi kanan layar. Bar itu juga akan menunjukkan posisi layar yang saat itu sedang dibuka, dari keseluruhan display. Scrolling bar ini memberikan indikasi kepada pengguna mengenai seberapa jauh mereka telah men-scroll dokumen. Sebenarnya, metode ini sama seperti yang telah digunakan software Microsoft Word selama bertahun-tahun. 

Tapi bar yang digunakan di Word merupakan bar permanen, yang tidak hilang jika tidak disentuh atau tidak muncul ketika layar disentuh. Incar Android Dengan paten yang didaftarkan, timbul kecurigaan bahwa Apple sedang menyiapkan 'amunisi' untuk melanjutkan perang paten dengan para pesaingnya. Secara jelas, ini terlihat dari paten yang secara umum terdapat di perangkat portabel dengan layar sentuh. Sedangkan mengenai teknologi scroll bar yang dipatenkan Apple, teknologi ini juga telah digunakan sejumlah sistem operasi mobile seperti Android dan Windows Phone. 

Tapi The Verge menyebut Apple mendaftarkan paten itu untuk mengincar sistem operasi Android. Menurut The Verge, Android memang baru menggunakan scroll bar itu sejak versi Android 2.3 Gingerbread. Sedangkan, mengutip laman TechRadar, Apple pertama kali mengajukan paten itu di tahun 2007, kemudian kembali menyodorkannya di tahun 2008. Lalu, Apple kembali mengajukan paten di bulan Maret, yang lalu dikabulkan 17 Juli kemarin. Perang Layar Sentuh? Di tahun 2007, smartphone memang masih didominasi perangkat dengan tombol. Kemudian, Apple meluncurkan iPhone dengan antarmuka layar sentuh. Teknologi ini kemudian diikuti perusahaan lain. 

Meski begitu, masih belum jelas mengenai apa yang akan dilakukan Apple dengan paten itu. Jika tidak menggunakannya untuk gugatan di pengadilan, sepertinya Apple berusaha memberi penegasan bahwa paten terkait layar sentuh dan fitur scrolling merupakan bagian dari portfolio milik mereka. Namun jika paten ini digunakan, Apple memiliki 'amunisi' lengkap untuk mengajukan gugatan terhadap sistem operasi lain yang menggunakan teknologi layar sentuh. Sebelumnya, di paten nomor 7.479.949, Apple juga telah mengajukan paten yang melingkupi "Touch Screen Device, Method, and Graphical User Interface for Determining Commands by Applying Heuristics". 

Paten yang diberikan ke Apple pada 2009 itu terkait gerak dan gesture jemari di layar sentuh untuk memproses sistem perintah. Dengan sejumlah paten ini, Apple seperti mewarisi sumpah Steve Jobs yang pernah mengancam akan melakukan 'perang nuklir' melawan Android. Saat itu, Steve Jobs menuduh Google mencuri ide dan konsep Apple, saat mengembangkan iPhone. Meski begitu, Apple belum pernah terlibat perang paten dengan Google di pengadilan. Apple lebih memilih untuk mengajukan gugatan kepada pengguna sistem operasi Android, seperti Samsung atau HTC. Jadi dengan paten yang baru didapat Apple, sebuah pertanyaan yang sejak dulu diajukan pun terlontar kembali: Apakah Apple berani melakukan perang paten melawan Google? (eh).

sumber : vivanews | Kumpulan Informasi Menarik  | Foto : Apple
Tags : Teknologi, Gadget

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots