Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Ini Kunci Jokowi Raih WTN 5 Kali Berturut-turut

Kota Solo baru saja menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha Kencana 2011 untuk kelima kalinya secara berturut-turut. Solo terpilih sebagai yang terbaik dalam manajemen angkutan kota dan tertib lalu lintas untuk kategori Kota Besar. 

Joko Widodo, Walikota Solo, hadir menerima penghargaan yang diserahkan Menteri Perhubungan E. E. Mangindaan di Ruang Mataram, Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (29/5/2012).

Seusai acara, calon Gubernur DKI Jakarta itu mengungkapkan tipsnya dalam mengelola manajemen angkutan kota dan lalu lintas yang tertib, nyaman, dan efisien. Menurut Jokowi, prinsip dasarnya adalah konsistensi dalam perbaikan transportasi dan konsep "Move People Not Car" atau menggerakkan/memindahkan warga dan bukan kendaraannya. "Jangan sampai tahun pertama dan kedua baik, tetapi tahun ketiga dan seterusnya tidak baik. Konsistensi yang diperlukan," ujar Jokowi.

Perencanaan perkotaan yang diterapkan Jokowi di Solo disusun secara matang dengan berpangkal pada desain pokok yang jelas. Transportasi tidak dikembangkan untuk mempermulus laju kendaraan dengan mengabaikan landasan utama transportasi dan lalu lintas: memudahkan mobilitas manusia.

"Caranya diperkuat city walk-nya, jalur pedestrian, jalur lambat untuk becak dan sepeda. Kemudian manajemen lalu-lintas di Solo, ada CC Room-nya yang mengontrol seluruh titik perempatan yang ada di Solo. Serta ada konsep Bus Priority, yakni bus yang melewati perempatan diberi prioritas. Saya kira ini manajemen konsep yang terintegrasi," papar Jokowi.

Sebagai calon gubernur, pasangan Basuki Tjahaja Purnama ini juga menyisipkan komentar terkait transportasi Jakarta. Menurut Jokowi, tanpa manajemen lalu lintas yang terintegrasi, kemacetan di Jakarta sulit tertangani. Tata kota pun memiliki andil sebagai penyebab terjadinya kemacetan di Ibu Kota.
"Karena kalau jarak kantor dan rumah jauh, mobilitas orang akan makin banyak. Ini harus di-redesign," ujar Jokowi.

Sebanyak 78 kota mendapat penghargaan WTN tahun ini. Untuk kategori metropolitan, juara satu sampai tiga berturut-turut diraih oleh Palembang, Bandung, dan Semarang. Jakarta sendiri tidak termasuk dalam peraih penghargaan tahun ini.

Sumber : kompas.com | Kumpulan Informasi Menarik | Foto : Joko Widodo
Tags : Politik, Ekonomi, Pemerintahan

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots