Facebook Facebook Facebook Facebook

ANDROID

Keturunan Asia di AS Banyak yang Nganggur

WASHINGTON – Warga Amerika keturunan Asia dilanda pengangguran jangka panjang yang paling parah dibandingkan dengan warga AS lainnya dari golongan etnis mana pun.

Kalaupun tingkat pengangguran di kalangan warga Amerika keturunan Asia berada pada tingkat 7,1 persen, lebih rendah dari tingkat rata-rata nasional yaitu  8,1 persen, data terbaru menunjukkan lebih dari 50 persen warga keturunan Asia itu tidak memiliki pekerjaan selama lebih dari enam bulan.

Angka tersebut naik dari 48,7 persen pada tahun 2010. Di antara warga kulit putih yang menganggur, 42,4 persen menganggur untuk jangka panjang, di kalangan warga kulit hitam  49,9 persen, dan di antara warga Hispanik,  39,8 percent, demikian diberitakan VoAnews.com

Orang Amerika keturunan Asia acapkali ditampilkan dalam media atau film-film sebagai orang yang sukses dan berpendidikan tinggi. Tetapi, kenyataannya, menurut penelitian yang dilakukan Lembaga Kebijakan Ekonomi di Washington, DC, bahkan mereka yang paling berpendidikan pun, kehilangan peluang pekerjaan juga.

Pengangguran di kalangan warga keturunan Asia yang bergelar sarjana mencapai 6,4 persen  tahun 2011, sementara di kalangan penduduk kulit putih dengan tingkat pendidikan setara, tingkat pengangguran mencapai 4,3 persen.

Peneliti Dr. Marlene Kim mengungkapkan, beberapa faktor mendorong fenomena tersebut. Pertama, ujarnya, geografi berperan dalam penyebab pengangguran tersebut, karena hampir sepertiga keturunan Asia itu tinggal di California, yang memiliki tingkat pengangguran 10,9 persen.
Bagi warga  yang lahir di luar negeri, banyak yang menghadapi rintangan bahasa, dan perusahaan-perusahaan Amerika lebih suka mempekerjakan warga negara atau penduduk tetap Amerika. Faktor akhir bisa jadi karena ras, tambah Kim pula.

“Terdapat bukti adanya prasangka terhadap warga Asia yang berpendidikan tinggi karena mereka dianggap lahir di luar Amerika, tidak pandai berbahasa Inggris, kelihatan lain dan tidak pandai bergaul,” ujar Kim, dosen ekonomi di Universitas Massachusetts, Boston. “Inilah kemungkinan penyebab tingginya tingkat pengangguran dalam  pasar tenaga kerja yang lemah, ketika majikan dapat memilih siapa yang akan mereka pekerjakan. Tampaknya bekerja sebagai pelayan restoran mudah didapat dan cocok bagi golongan imigran, tetapi sulit untuk mendapatkan jenis pekerjaan yang bergaji lebih tinggi.” Kim mengatakan  tidak pasti tentang bobot setiap faktor yang dapat menjelaskan mengapa terjadi tingkat pengangguran jangka panjang yang tinggi di kalangan penduduk asal Asia, tetapi berencana untuk meneliti hal itu pada tahap selanjutnya.

Apa yang jelas dari penelitian tersebut adalah bahwa warga Amerika keturunan Asia menderita dalam resesi ekonomi ini, kata Tuyet Le, Direktur Eksekutif Lembaga Asia-Amerika di Chicago. “Keadaan ini menantang para pembuat kebijakan untuk memikirkan kembali stereotip golongan minoritas yang dijadikan model, dan mulai meninjau rintangan yang benar-benar nyata dan berlatang belakang ras, yang menghalangi warga Asia berhasil secara ekonomi. (VoAnews/dms)

Sumber : poskotanews.com | Kumpulan Informasi Menarik | Foto : -
Tags : International

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Mr. Android © 2011 Design by Army Boots